Untuk Adek Ku Sayang

Megahnya Hidup diatas Sunnah

  • Radio-Radio Sunnah

  • Dakwah Islam


  • Suara-Suara Merdu

    english_r1_c11
    Kajian.Net

  • Laman

  • Berlangganan

  • Manfaat Rosela Merah

    Posted by blogpribadiku pada 18 Oktober 2009

    ROSELLAUmumnya masyarakat mengenal dengan nama Rosela, Rosella atau Roselle (Hisbiscus sabdariffa L.). Dari segi kesehatan, ternyata Rosela mempunyai manfaat untuk pencegahan penyakit. Menurut penelitian Ballitas Malang, bunga rosella, terutama dari tanaman yang berkelopak bunga tebal (juicy), misalnya Rosela Merah berguna untuk mencegah penyakit Kanker dan Radang, mengendalikan tekanan darah, melancarkan peredaran darah dan melancarkan buang air besar.

    Kelopak bunga Rosela dapat diambil sebagai bahan minuman segar berupa sirup dan teh, selai dan minuman, terutama dari tanaman yang berkelopak bunga tebal, yaitu Rosela Merah. Kelopak bunga tersebut mengandung vitamin C, vitamin A, dan asam amino. Asam amino yang diperlukan tubuh, 18 diantaranya terdapat dalam kelopak bunga Rosela, termasuk arginin dan legnin yang berperan dalam proses peremajaan sel tubuh. Selain itu, Rosela juga mengandung protein dan kalsium.

    Di Malaysia, Roselle juga disebut Asam paya, Asam kumbang atau Asam susur, merupakan tumbuhan yang mempunyai keluarga yang sama dengan bunga raya/sepatu (Hibiscus rosasinensis). Tumbuhan Roselle ada yang mengatakan berasal dari India tetapi ada juga pendapat yang mengatakan Roselle berasal dari Afrika Barat. Tumbuhan Roselle ini semula diperkenalkan di Malaysia sejak lebih dari tiga abat yang lampau. Di India Barat disebut dengan Jamaican Sorrel.

    Pohon Roselle tumbuh dari biji/benih dengan ketinggian yang bisa mencapai 3 – 5 meter serta mengeluarkan bunga hampir sepanjang tahun. Bunga Roselle berwarna cerah, Kelopak bunga atau kaliksnya berwarna merah gelap dan lebih tebal jika dibandingkan dengan bunga raya/sepatu. Bagian bunga Roselle yang bisa diproses menjadi makanan ialah kelopak bunganya (kaliks) yang mempunyai rasa yang amat masam. Kelopak bunga ini bisa diproses menjadi pelbagai jenis makanan seperti minuman, jelly, saos, serbuk (teh ) atau manisan Roselle. Daun muda Roselle bisa juga dimakan sebagai ulam atau salad. Sementara itu di Afrika, biji Roselle dimakan karena dipercaya mengandung minyak tertentu. Di Sudan, Roselle diproses menjadi minuman tradisional yang dinamakan Karkadeh dan merupakan minuman kebangsaan orang Sudan.
    Pohon Roselle adalah sejenis perdu yang mudah ditaman. Cara penanamannya dengan menggunakan biji yang kering kemudian disemai.

    Nama Lain: Hibiscus Sabdariffa L., H. Sabdariffa varaltissima, Rozelle, Red Sorrel, Sour-sour, Lemon bush, Florida cranberry, Oseille rouge (Perancis), Quimbombo Chino (Sepanyol), Karkad� (Afrika Utara), Bisap (Senegal).
    Tumbuhan herba ini ternyata mampu berfungsi sebagai bahan antiseptik, penambah syahwat, agen astringen. Tanaman ini juga banyak digunakan dalam pengobatan tradisional seperti batuk, ketidakhadaman, lesu, demam, tekanan perasaan, gusi berdarah (skurvi) dan mencegah penyakit hati. Bunga Roselle banyak digunakan untuk pembuatan jus, saos, sirup dan juga sebagai bahan pewarna pada makanan.
    Ekstrak daripada kuncup bunganya ternyata mampu berfungsi sebagai antispasmodik (penahan kekejangan), antihelmintik dan antibakteria. Selain itu rosella ternyata mampu menurunkan kadar penyerapan alkohol. Daun tumbuhan herba ini juga bisa digunakan untuk merawat luka, penyakit kulit dan gigitan serangga.
    Di India, biji Roselle digunakan untuk mengobati penyakit kulit, kekurangan darah dan kelesuan.
    Bagian yang digunakan : Bunga, daun dan biji

    Bahan penting yang terkandung dalam kelompak bunga Roselle : Gossy peptin, anthocyanin dan glucoside hibiscin
    Kelopak segar Dalam 100 g

    Air 9.2 g

    Protein 1.145 g

    Lemak 2.61 g

    Serat 12.0 g

    Abu 6.90 g

    Kalsium 1,263 mg

    Fosforus 273.2 mg

    Zat Besi 8.98 mg

    Karotena 0.029 mg

    Thiamine 0.117 mg

    Riboflavin 0.277 mg

    Niacin 3.765 mg

    Asid Askorbik 6.7 mg

    Dari penelitian terbukti bahwa kelopak bunga Roselle mempunyai efek anti-hipertensi, kram otot dan anti infeksi-bakteri. Dalam eksperimen ditemukan juga bahwa ekstrak kelopak bunga Roselle mengurangi efek alcohol pada tubuh kita, mencegah pembentukan batu ginjal, dan memperlambat pertumbuhan jamur/bakteri/parasit penyebab demam tinggi. Kelopak bunga Roselle juga diketahui membantu melancarkan peredaran darah dengan mengurangi derajat kekentalan darah. Ini terjadi karena asam organic, poly-sakarida dan flavonoid yang terkandung dalam ekstrak kelopak bunga Roselle sebagai Farmakologi. Selain itu yang tidak kalah pentingnya adalah kelopak bunga Roselle mengandung vitamin C dalam kadar tinggi yang berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh manusia terhadap serangan penyakit.
    Manfaat kelopak bunga Roselle

    • Dapat mengurangi kepekatan/kekentalan darah

    • Membantu proses pencernaan

    • Mencegah peradangan pada saluran kencing dan ginjal

    • Penyaring racun pada tubuh

    • Mencegah kekurangan Vitamin C

    • Melancarkan peredaran darah

    • Melancarkan buang air besar

    • Menurunkan kadar penyerapan alcohol

    • Penahan kekejangan

    Penyakit yang dapat diobati :

    • Kanker

    • Tekanan Darah Tinggi ( Hipertensi )

    • Batu Ginjal

    • Batuk

    • Lemah syahwat

    • Lesu

    • Demam

    • Tekanan Perasaan

    • Gusi berdarah

    • Penyakit kulit

    • Gigitan Serangga

    • Luka

    • Kurang darah

    Sumber: http://auraswa.blogspot.com

    2 Tanggapan to “Manfaat Rosela Merah”

    1. Ida said

      bisa untuk menurunkan kolesterol tidak?

    2. Echo Dohc said

      saya penderita hypertensi sejak usia 32th sekarang usia saya 36 thn. sebelum divonis dokter hypertensi saya sering mengalami pusing2 sampai dada saya terasa sesak dan kalo ketemu tangga paling menyiksa nafas saya terasa sengal-sengal, saya coba tes darah ke lab hasilnya tekanan mencapai 168/118 serta gula darah, trigliserida dan asam urat saya tinggi walaupun cholesterol saya LDL,HDL dan Cholesterol total Normal namun yang namanya Pusing luarbiasa ga hilang hilang ,memang sebelum saya divonis hypertensi saya makan berlebih seperti kerang,udang,cumi, daging merah makanan bersantan,soto babat (anduk) setelah divonis hypertensi saya coba berobat baik diet ketat, bekam, terapi minum air dan medik semua saya lakukan namun hasilnya kurang memuaskan, saya berobat kedokter dengan rutin minum obat 3 kali sehari hanya efek samping yang saya dapat pinggang saya sakit sekali rasanya seperti umur 85 tahun saja, saya terapi air memang ada efek turunkan tensi namun tidak nyamannya saya harus ke toilet berulang-ulang apalagi kalo dalam perjalanan sangat menyebalkan, diet ketat juga sama tidak ada efek yang signifikan, berbekam juga sama tapi setelah saya brosing melalui internet dan saya coba seduh teh rosela merah efek yang saya dapat adalah saya lebih rilek, kepala saya yang biasa kena AC /dingin sedikit pasti sakit dan pusing namun sekarang Hilang (sudah tidak ada keluhan) dan tensi saya 117/72 dan paling tinggi hanya mencapai 135/85 kalau itu habis mengendarai kendaraan, jadi saya rutinkan minum seduhan rosela pagi, siang dan malam dan jangan lupa lakukan juga diet garam dan makanan yang berlemak serta berkalori tinggi serta harus juga dibarengi dengan minum air putih cukup 2 btl aqua uk 1,5 l /hari mudah-mudahan pengalaman ini bermanfaat bagi penderita hypertensi yang lain ….amiiien

      sunhanallah…. alhamdulillah.. itu yg hanya kita bs ucapkan setelah apa usahakan… bersyukurlah kepada Allah Subhanahu wata’ala atas usaha yg anda lakukan itu dibantu dan dimudahkan oleh Allah….

    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

     
    %d blogger menyukai ini: